Monday, 20 June 2016

TERBITLAH TERANG

TERBITLAH TERANG

Ku ucapkan salam bagi insan yang sedang merasakan kegalauan, kehawatiran, menyesal, dan merasa salah. Hal yang manusiawi jika engkau mengeluh, menggerutu dan menangis.

Mengeluhlah sampai kamu merasa keluhanmu meringankanmu, menggerutulah sampai gerutu mu habis kemudian menyadarkanmu, menangislah sampai kamu puas hingga bebanmu terasa satu persatu teralirkan.

Ingatlah Tuhan tidak akan memberi cobaan melebihi batas kemampuan. Bahkan Tuhan mengizinkan keluhan, gerutu dan tangisan jika itu membuatmu lebih baik. Namun ketika mengeluh, menggerutu dan menangis sudah tidak lagi mengobati, mungkin ini saatnya kamu pasrah. Mungkin tuhan hanya ingin kamu iklas menjalaninya.

Ikhlaskanlah, cukup lakukan yang terbaik di hari ini. Biarkan setiap detik di hari ini berjalan dengan semestinya. Biarkan orang2 berbicara karena itu keinginan mereka. Biarkan semua masalah, cobaan, sakit, bahagia, galau, jatuh cinta, datang dan pergi, karna memang sudah semestinya, karna memang begitu adanya.

Biarkan hari esok menjadi misteri. Anggaplah hari esok sebagai kotak hadiah yang diberikan Tuhan, kita tidak pernah tau apa yang akan di berikan oleh Nya.

Jika hari esok masih tetap sama, mungkin belum waktunya kotak hadiah itu terbuka. Tuhan lebih tau kapan saat terbaik untuk memberikanya kepadamu.

Hingga pada saatnya nanti kamu akan berterimakasih padaNya. Hingga pada saatnya nanti pula keluhan, gerutu dan tangisan berubah menjadi kegembiraan yang tidak pernah kamu sangka. Keluhan, gerutu dan tangisan akan berbalik tersenyum padamu dan berkata "inilah hadiah yang di berikan Tuhan untukmu" "Terbitlah terang"
Selengkapnya...

Sunday, 5 June 2016

Aku tak ingin menjadi dewasa

Ku ucapkan selamat pagi untuk hari hariku yang kesekian kali nya. Pagi ini tidak seperti pagi dikala itu. Pagi dimana kurasakan kesejukan, kesejukan tiada duanya. Pagi dimana aku selalu melihat wajah wajah bak malaikat. Mereka yang menyayangiku tanpa ada rasa pamrih.

 Aku sadar adalah doa yang bodoh jika aku ingin kembali ke masa lampau. Mungkin ini arti dari segelintir orang yang berkata "aku tidak ingin menjadi dewasa, aku ingin jadi anak kecil saja, yang hanya memikirkan main, makan tertawa.

 Bila memang harapan untuk kembali ke masa lampau adalah doa yang bodoh, tak apalah aku hanya berdoa agar tuhan menyempitkan fikiranku. Biarlah aku berfikir untuk hari ini saja, sehingga tidak ada ketakutan ketakutan menghadapi masa depan.

 Tulisan ini hanyalah tulisan ketika hatiku tergoyah, harapan ku semoga hari esok hati yang goyah ini akan menjadi kerikil2 walaupun harus ambruk, kerikil itu akan terus menggunung, padat dan kuat.  Ayolah, aku hanya ingin menikmati masa ini. Masa dewasa. Masa mandiri. Hanya berilah aku waktu untuk menyiapkan segalanya. Sekali lagi Tuhan, sempitkanlah fikiranku. Selengkapnya...

Saturday, 4 June 2016

PENGALAMAN BOOTCAMP DI XSIS MITRA UTAMA PART 3

Salam sejahtera buat agan dan agan wati se Indonesia, sesuai dengan judulnya mari kita lanjutkan sharing pengalaman ane ttg rekrutmen Xsis mitra utama. Yang belum tau perusahaan apa sih Xsis mitra utama?, silahkan baca dulu di part 1 ya gan.


Sebelum kita masuk ke cerita utama, ane mau minta maaf baru bisa update sekarang, karena kesibukan di dunia nyata, kesibukan apa lagi kalo kesibukan kerjaan gan. ‪#‎soSibuk‬ :D. Sebelumnya ane juga mau berterima kasih buat para pembaca, walaupun tulisan tulisan ane acak2kan terkesan ga layak wkwkwk . tpi alhamdulilah masi ada yang baca yaa hehe. Dan jangan lupa buat tulis di kolom komentar buat agan yang punya pertanyaan atau kritik dan saran ttg tulisan2 ane.

 Oke deh basa basi nya udah aja kali yah, ane tau ko kalo paragraf yang isinya basa basi biasanya di lewat begitu aja wkwk. Mari kita flashback dulu di tulisan sebelumnya ya gan, terahir ane update ttg bagaimana proses interview di Xsis, kali ini ane mau share ttg proses selanjutnya yaitu proses bootcamp. Apa sih bootcamp?. Bootcamp adalah proses training atau proses dimana agan akan dilatih skill teknis dan Non teknis sebelum agan dikatakan layak terjun ke project (itu arti bootcamp di xsis ya gan, kalo d perusahaan lain ane gatau) :D. Tpi untuk sampe ke tahap bootcam tentu saja agan harus lolos tahap interview hehe Menurut pengalaman dan hasil rumusan dari proses yang ane alami (ko jelimet banget kata2 ane -_-). Bootcamp di Xsis dibagi 2 proses yaitu proses penguatan logic dan proses pembelajaran teknologi pemrograman. Untuk mencapai proses ke 2 agan harus lolos tes penguatan logic di 2minggu pertama, ngerti gan? Bingung ya? Hehe. Jadi gini setelah agan lolos interview otomatis agan lolos bootcamp, setelah itu agan di kasi materi logic yang isinya bener2 mengasah logic agan. Disini agan akan diajarin ttg nested for pake if dan pake array. Ini penting utk melatih dan mengasah logika agan2 semua. Latihan logik ini akan dilaksanakan selama 2 minggu dan sangat intensif setiap harinya, jadi siap2 aja ya gan hehe. Naaaaaaah setelah 2 minggu ini selesai, agan akan di tes lagi, materi tesnya agan bakal di suruh bikin pola pake for if dan array. Tes ini juga menentungan keberlangsungan masa depan agan di Xsis. Kalo lolos tahap ini otomatis agan langsung di terima di Xsis (resmi) dan bisa lanjut ke tahap selanjutnya yaitu pembelajaran mengenai teknologi pemrogramnya. Dan bagi yang ga lolos jangan berkecil hati yaa, kadang Pihak Xsis suka ngasih tawaran lagi ko. Biasanya di tawarin jadi software tester, aplication support dan lain lain .

Mungkin sebagian dari agan agan ada yang merasa kalah duluan dan bilang "yaah ko ribet banget sih prosesnya". buat agan yang bilang gitu ane tekankan, untuk jadi seorang programer yang handal dan layak itu ga gampang gan. butuh proses dan tentu saja prosesnya ga gampang. ane cuman bisa memberi semangat buat agan2 jangan sampe nyerah gitu aja, ayo berjuang. insyallah jika agan diterima di perusahaan ini agan akan banyak mendaatkan ilmu dan bekal di dunia pemrograman. intinya semua yang kita perjuangkan tidak akan menghianati hasil yang dicapai kelak. hehe. oiya intinya kalo agan fresh graduate jangan dulu mikirin gaji gan, fikirin dulu skill agan, ane yakin walaupun agan dan agan wati udah ST, udah SKOM apalah itu, skill agan masih dibawah standar perusahaan2. di Xsis insyallah bisa mengasah skill agan sampe dikatakan layak utk terjun ke project. ngomong2 masalah gaji, di Xsis insyallah profesional hehe (Menyesuaikan lah).

 Wow barusan ane baca isi paragraf dua tiga sama empat tiga ko padet dan berat banget ya pembahasanya -_-. Tapi gpp deh biar singkat dan agan2 semua ga penasaran lagi ttg proses seleksi dan proses bootcampnya. Mungkin part kali ini disudahi saja ya gan hehe. Karna ane udah ngasi tau se singkat dan sepadat mungkin. Kalo ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar ya gan. Jangan lupa kasi kritik dan saran juga buat ane, biar ane tambah semangat nulisnya. Dan bisa sharing2 pengalaman lain. Sampai jumpa di part selanjutnya. Insyallah ane akan share sedikit gambaran soal2 logic di dua minggu pertama. Daaaah mwaach
Selengkapnya...

Thursday, 14 April 2016

PENGALAMAN BOOTCAMP DI XSIS MITRA UTAMA PART 2

PENGALAMAN BOOTCAMP DI XSIS MITRA UTAMA PART 2

Selamat sejahtera agan agan semuanya, tulisan ini sambungan dari tulisan sebelumnya ya gan, tentang pengalaman ane kerja di PT.Xsis Mitra Utama. Tapi sebelumnya sory ya gan baru di update tulisanya. ane mau cerita dikit nih, ane sebenernya emang punya mimpi jadi seorang penulis tapi kayanya mimpi itu cuman sekedar mimpi, karna emang ane kaga konsisten semangatnya buat nulis. kalo agan liat blog ane terupdate ya karna saat itu ane lagi mood nulis hehe.

oke langsung ke topik ya gan, terahir ane update tentang walk in interview PT. Xsis Mitra Utama di disnakertrans Bandung. bagi agan yang sekarang2 dapet panggilan juga buat test atau interview jangan kwatir, ane bakal share disini. sekarang..... iyaaa sekaraangg... ciusss deehhh. tapi sebelumnya ane ingetin buat agan agan yang cuman sekedar coba coba atau iseng and cuman ingin nyari peruntungan sebagai programmer tapi ga punya basic ngoding. ane tegasin mending agan gausah jadi/hapus niat agan kerja disini. karna ane aja yg cukup suka ngoding (cukup ya gan ga suka suka banget), udah pengen muntah banget ngoding tiap hari. :(.

Untuk test awal awal banget(setelah agan dapet panggilan,agan bakal disuruh ke kantor Xsis atau ikut walk in interview), agan bakal di test iq dan psikotes. Tes tahap ini cukup mudah, bahkan mudah binggo gan. ane aja pas tahap ini ngasal ko isinya. Tapi ya jangan ngelantur banget ngisinya, soalnya ada juga yang kaga lolos d tahap ini. (intinya serius aja kalo lagi mengerjakan sesuatu walaupun dianggap mudah). oke bocoran yaa, persiapkan aja tentang ngitung deret angka dll.

Setelah agan test iq dilanjut test pemrograman dasar. tapi pengalaman ane sih di suruh istirahat dlu kaga langsung di lanjut tes, karna emang bertepatan sama adzan duhur :D ,ditahap ini agan bakal diliat potensi ngoding nya. soalnya tentang nested logic, perulangan gitu gan, macam "for", "do-while". dan untuk bahasa pemrogramanya agan boleh pake bahasa apa aja, boleh pake C++, java asal jangan pake bahasa tubuh akakakak... oh iya gan biasanya yang paling menentukan dari tahapan tes Xsis ya ditahap ini. jadi kejakan sebaik baiknya agan bisa yaa.

Naaah untuk tes awal tuh udah cuman segitu, setelah itu agan di interview. Interviewnya ada 2 tahap, yang pertama interview HRD dan yang k2 dan lumayan nyeremin yaitu interview user/ interview teknis. Interview HRD sih lebih condong ke kepribadian agan. tar ditanya identitas, rumah agan dimana, agan tau ngoding dimana, tapi tenang gan, ga akan ditanya berapa lama agan jomblo ko :( #BAPER wkwkwk.

gan lanjut tar lagi ya, asli udah ga mood nih. :D interview user tar nyusul di part 3 okee, kritik dan saran silahkan tinggalkan di kolom komentar, pasti ane balas. sukses selalu untuk para JOBSEEKER
Selengkapnya...

Friday, 25 March 2016

PENGALAMAN BOOTCAMP DI XSIS MITRA UTAMA

PENGALAMAN BOOTCAMP DI XSIS MITRA UTAMA

Xsis Mitra Utama. Mungkin kalian belum terlalu mengenal perusahaan ini. Perusahaan ini merupakan perusahaan penyedia sumber daya manusia dibidang IT. Xsis Mitra Utama itu anak dari perusahaan Equine Technologies group, ane sendiri kalo ditanya ama orang “kerja dimana kang?”, ane lebih suka jawab “di Equine Group” hehe, biar kliatan western2 gitu :D.

 Equine group itu merupakan anak dari Equine Global. Kalo soal sejarah sama profil perusahaan lengkap bisa di search aja di google ya gan. :D disini ane keterima di posisi bootcamp java, kalo agan lolos seleksi agan bakal dilatih jadi developer professional dari level junior, middle dan expert... singkatnya agan akan dilatih sesuai kebutuhan klien lalu agan ditempatkan di perusahaan klien dalam waktu tertentu sampe project diperusahaan klien beres. Perusahaan klien dari Xsis perusahaan gede semua gan, contohnya XL, Bank Mega, Bank BI,Adira dll.

Bay de wey bas wey ini merupakan tulisan pertama ane setelah bertaun taun ga update ini blog :D, ya mudah mudahan aja bisa menginspirasi agan2 semua. Maksud dan tujuan tulisan ane kali ini ya pengen cerita aja tentang pengalaman ane di Xsis mitra utama makanya ane jelasin perusahaan apa Xsis itu di paragraph pertama.

Oke langsung aja kali ya, ditulisan ini ane bakal share tentang gimana sih ane bisa tau Xsis trus gimana tesnya, tahap tahapanya sampe agan bisa lolos dan jadi karyawan di Xsis Mitra Utama di posisi Bootcamp Java.

Pertama tama ane mau share tentang gimana sih ane bisa kenal sama Xsis?. Oke kita mulai dari cerita seorang fresh graduate yang baru aja beberapa hari WISUDA :D, orang itu adalah ANE hheee. Seorang fresh graduate kaya ane biasanya langsung gasabaran apply2 di perusahaan2, dan berbondong2 ikut jobfair udah kaya metro mini dikejar setoran gitu soalnya ampir tiap minggu ganane ikut jobfair wkwk. Selain di jobfair Ane liat liat lowongan diberbagai media, seperti internet dan aplikasi penyedia informasi kerja. Sampe ahirnya ane liat iklan lowongan kerja di jobstreet. Disitu ane liat Xsis Mitra Utama dengan lowongan untuk posisi Bootcamp java batch 80.

Setelah ane liat liat deskripsinya Ane langsung tertarik, karena kalo lolos bootcamp ini bakal dikasi pelatihan full tentang java sampe agan pantas dinobatkan jadi seorang Java developer. Singkat cerita, setelah menimbang dan meminta pendapat orang tua, teman dll ane ahirnya apply di Xsis via jobstreet.

Setelah beberapa hari ane di telfon sama pihak perusahaan untuk dijadwalkan test teknikal dan interview dikantornya Xsis. Tapi karna ane sakit waktu itu gara2 amandel ane kambuh badan meriang (butuh kehangatan) LOOOH :D wkwk abaikan gan. Jadi ane batal tuh kan buat interview dikantor Xsis.tapi ya rejeki emang ga kemana yaa, setelah beberapa hari Xsis hubbungin ane lagi katanya Xsis bakan ngadain walk in interview di Disnakertrans kota Bandung, kebetulan banget kan gan, deket tuh sama rumah ane, dari pada harus ke Jakarta :D . Ahirnya ane terima tawaran tsb untuk mengikuti test disana.


Bersambung ya gan hehe tunggu update berikutnya... 
Selengkapnya...